Hosting Gratis

Selasa, 15 April 2014

Goa Jepang Palembang, Bukti Sejarah Yang Terlantar



Salah satu bukti sejarah penjajahan Jepang di bumi nusantara ini adalah Goa Jepang yang berada di Jl. AKBP H.Umar Kel. Ario Kemuning Palembang (di belakang pasar km.5 Palembang), Goa Jepang ini dulunya adalah markas dan tempat persembunyian bagi tentara Jepang.

Menurut cerita, Goa tersebut memiliki lorong yang bisa menghubungkan ke Bunker Jepang pada saat itu yang berada di dekat Rumah Sakit Charitas Palembang (berjarak sekitar 4 atau 5 km dari goa jepang), namun karena kondisinya yang saat ini tidak terurus sepertinya tidak ada yang berani mencoba menelusuri lorong goa tersebut untuk membuktikan kebenaran cerita tersebut. 



Goa tersebut memiliki 2 (dua) pintu atau lobang di muka goa, namun sayangnya satu sisi sebelah kanan goa telah hancur karena tidak terurus dan termakan usia dan lebih menyedihkan lagi di sisi yang sebelah kiri walaupun sampai dengan saat ini tetap berdiri dengan kokoh namun sudah dipenuhi oleh sampah-sampah dan membuat daerah sekitar goa kelihatan jorok dan bau.

Saya rasa banyak masyarakat di Kota Palembang yang tidak mengetahui keberadaan goa peninggalan Jepang tersebut apalagi mengunjunginya, padahal goa tersebut merupakan salah satu aset sejarah yang berharga dan apabila diurus dengan baik tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu wisata sejarah di Kota Palembang.


Semoga saja kedepan salah satu aset sejarah ini dapat lebih diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar