Kamis, 22 Mei 2014

Bukit Tunjuk, Bukit yang Menyerupai Candi

Bukit Tunjuk

Bukit Tunjuk berada di Kabupaten Lahat provinsi Sumatera Selatan, bukit  yang merupakan Maskot bagi Kota Lahat ini memiliki beberapa nama atau sebutan, ada yang menyebutnya sebagai Bukit Tunjuk, ada juga yang menyebutnya dengan nama Bukit atau Gunung jempol dan ada juga yang menyebutnya dengan nama Bukit Serelo.

Bukit ini memilki ketinggian sekitar 900 mdpl, pemandangan disekitar bukit tersebut yang dihiasi oleh aliran sungai Lematang menurut Saya cukup menarik dan menawan, ditambah lagi dengan keunikan dari bentuk bukit itu sendiri yang mirip dengan telunjuk atau jempol manusia.

Beragam mitos di masyarakat tentang bukit tersebut, namun Saya tertarik dengan salah satu cerita dari masyarakat yang mengatakan bahwa bukit tersebut dahulu adalah candi pada masa Kerajaan Sriwijaya. Memang bila diperhatikan bentuk dari bukit tersebut mirip dengan Stupa pada candi, penasaran akan hal tersebut Saya coba mencari informasi melalui internet dan sekali lagi Saya tertarik dengan salah satu artikel di Kompasiana.com, dengan asumsinya dan kajian secara ilmiah bahwa adanya kemungkinan apabila bukit tunjuk adalah candi pada masa Kerajaan Sriwijaya.

Apabila kita lihat dari bentuknya, bagian atas bukit tunjuk memang menyerupai stupa pada candi, dilihat dari sisi historis, Bukit Tunjuk berada di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, yang pada abad ke VII Kota Palembang dan sekitarnya dikenal sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya, dan pada masa tersebut Kerajaan Sriwijaya dikenal dunia sebagai pusat pendidikan agama (budha) dan pusat pengetahuan, tentu saja sebagai Kerajaan yang besar dan merupakan pusat pendidikan memiliki fasilitas berupa candi yang besar sebagai wadah atau sarana untuk menampung para biksu budha pada saat itu. Bila dilihat dari kedudukannya, posisi bukit tunjuk berada diantara bukit-bukit, ada kemiripan dengan candi Borobudur yang kedudukannya berada diatas bukit.

Namun ini hanya sekedar cerita dari beragam mitos tentang bukit tunjuk yang beredar di masyarakat Kota Lahat dan baru sekedar asumsi dari penulis artikel tersebut, untuk membuktikan kebenarannya tentu saja masih banyak dibutuhkan penelitian lebih lanjut dan mendalam oleh para ahli.



Refrensi pendukung : http://sejarah.kompasiana.com/2013/01/16/telunjuk-bukit-atau-candi-520047.html

5 komentar:

  1. nampak unik wujudnya, ada bagian yang menonjol sehingga mirip seperti tangan yang sedang menunjuk. Mirip Stupa ya kalau dari jauh.

    BalasHapus
  2. benar sekali mas rachmat, bentuknya mirip tangan yg menunjuk keatas, dan juga mirip dengan stupa candi, terimakasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  3. Sepanjang bukit barisan mulai dari bukit jempol sampai ke Bengkulu itu semua adalah Candi. Knpa tidak dibongkar dikarenakan pemerintah takut sejarah akan mengulang kembali Masa lalu

    BalasHapus